Pages

Sunday, June 10, 2012

That Feeling

Hari ini akhirnya gue pergi juga ke kajian, setelah entah mungkin sebulan ngga ngaji huhu. Kangen? Iya kangen. Kangen suasana, kangen orang-orangnya. Kangen ngedengerin nasihat-nasihat yang dikasih sama ustadznya..

Kajian hari ini, gue ke tempat 'baru', tempat yang belom pernah gue kunjungin : Masjid Arroyan, Kompleks Galaxy Bumi Permai. Kajian kali ini beda, mengingat biasanya gue ngaji di rumahnya Bu Eni dan gue ngga pernah sholat berjama'ah di rumahnya. Kali ini, gue seperti nostalgia. Biasanya gue di Jakarta ngaji bareng keluarga di masjid. Entah Masjid Al Barkah atau Al Azhar atau yang lainnya. Bertemu dengan orang-orang yang se-aqidah. Seneng banget rasanya. Di sana juga banyak akhwat-akhwat bercadar, yang selalu bikin hati gue melontarkan pertanyaan monolog "Kapan bisa kaya gitu?". Ngedengerin ceramah-ceramah dari ustadz-ustadz dengan penjelasan yang jelas dan terpercaya. Oiya, kali ini kajiannya ngebahas tentang Kitab Ushul Sunnah bagian Takdir. Ustadz Dzulqarnain yang jadi pengisi materinya. Intinya, permasalahan takdir itu bukan masalah remeh. Penyimpangan pertama dari agama ini adalah penyimpangan terhadap pemahaman takdir. Pemahaman dan kepercayaan kepada takdir juga penting untuk kehidupan kita. Kalo ngga percaya takdir, kalo kita ketimpa masalah, pasti kita ngga bisa tenang.

Oiya, di kajian ini gue juga ketemu beberapa anak kecil yang kalo kata orang sini bilang: luuwecuuu (lucu banget maksudnya hehe). Ada anak balita, perempuan, kayanya baru bisa jalan, trs dia pake gamis hitam panjang sampe bawah mata kaki sedikit, dan jilbab panjang sampe hampir menutupi tangannya. Yang lucu, dia lari-lari trus kesrimpet bajunya haduuuh si adek ini.. nangis lah dia -_-

Terakhir yang paaaling berkesan, and that's why the title is "That Feeling" adalah ketika sholat dzuhur berjama'ah. Setelah adzan ada jeda untuk sholat qabliyah dzuhur. Abis itu iqamah dan semua merapat. Kelingking kaki bertemu dengan kelingking kaki orang lain. Sangat rapat dan rapi. Saat itulah, gue bener-bener ngerasa seneeeeng banget. Sholat jama'ah emang bukan sesuatu yang jarang bagi gue. Tapi sholat jama'ah yang seperti tadi siang itu sangat jarang. Entah kenapa, saat sholat dengan shaf yang rapat, gue bener-bener ngerasain kebersamaan dan kehangatan. Tangan dan kaki gue bergesekan dengan orang-orang yang berada di kanan kiri gue. They didn't mind it, so did I.

Aku memang tidak kenal siapa kanan kiriku, apa statusnya, bahkan terkadang tidak tahu namanya. Tapi saat kami sholat, kami tidak memikirkan itu, kami hanya punya satu kesamaan: hamba Allah.

Hal itulah yang bikin bener-bener perasaan unexplain happiness gue muncul. Semua itu juga ngingetin gue sama keluarga gue. Karena gue selalu pergi ke kajian yang kaya gitu sama keluarga gue. So, this is the first time....

No comments:

Post a Comment