Pages

Monday, March 31, 2008

Perjuangan Mendapatkan Kursi di SMA Labschool Jakarta

Yeahh, my first battle starts from SMA Labschool selection. Sebelum berjuang di UN, aku harus berjuang mengalahkan sekitar kurang lebih 1000 siswa yang mendaftar di SMA Labschool Jakarta. Sebenernya, aku ikut seleksi ini cuma buat coba-coba saja. Biasanya kan soal swasta lebih susah daripada soal ujian nasional (UN). Kalau keterima alhamdulillah, kalau nggak yaaa udahh.. tunggu di perang selanjutnya a.k.a. UN. hehe tapi anyway, aku mo cerita tentang satu hari (pas tes Labschool) yang penuh makna buatku.
Oke, tes SMA Labschool diadakan tanggal 30 Maret 2008 jam 08.00. Tapi, di KTP (Kartu Tanda Peserta, hehe) tertulis bahwa peserta tes berada di ruang tes 15 menit sebelum tes dimulai. Hari Minggu tanggal 30 Maret itu aku bangun kesiangan! Sekitar jam 06.30! Kesiangan sholat subuh pula! Setelah selesai sholat subuh yang sangat telat, aku langsung mandi. Sesudah mandi, sekitar jam 6.40an aku langsung sarapan. Nggak tau kenapa, hari itu aku sarapannya tenaaaang banget. Padahal, halooww? mau tes Labschool, Mbak? Kok nyantai? Bukannya buru-buru buar nggak telat!! Selesai makan, sekitar jam 7an, aku langsung ke kamar untuk ganti baju. Setelah ganti baju, aku pun ke meja belajar mengecek keperluan harus wajib dibawa. Selintas aku melihat Mama yang barus saja dari selesai mandi.
"Ya ampun, Mama?! Kok baru mandi?! Nanti aku telaat!" teriakku.
"Iya, Gin. Mama cepet kok!" Mama ngebales.
Dughh, aku uda rada stress! Pasalnya, jam sudah menunjukkan pukul 07.00 dan Mama, yang akan nganterin aku, belom siap! OMG! hehe
Sekitar 15 menit kemudian, Mama baru selesai dandan (-_-). Buru-buru Mama dan aku ke mobil. Kemudian, tiba-tiba saja Papa kepengen ikut ke Labschool juga. Haduhh! Bikin telat aja si Papa! Alhasil, aku berangkat dari rumah jam 7.20an! Padahal, aku harus uda di ruang tes jam 7.45!! Ampuuun!
Nah, di tengah perjalanan, aku baru sadar kalo yang nyetir itu 'Mama'. Yaa, taulahh, kalo ibu-ibu kan biasanya hati-hati alias lama jadinya. Udah gitu di daerah Pasar Rebo pake macet segala lagi! Hmm, dari mulai berangkat, aku emang ada firasat buruk, mungkin maksudnya telat kali ya? hehe
Selama perjalanan menuju Labschool, aku nggak berani ngeliat jam, karena pasti telat. Akhirnya, waktu aku uda sampe di Lampu Merah Pramuka, aku baru berani ngeliat jam. Ternyata waktu sudah menunjukkan jam 7.45!! Aku telat! Aku langsung menghitung lewat jalan mana yang waktunya paling singkat. Akhirnya aku mutusin untuk lewat Jalan Pramuka. Aku selalu memperhatikan jam handphone ku saat itu. Yap! Lima menit kemudian, aku sampe di depan Labschool. Aku langsung turun dari mobil yang masih setengah jalan dan berlari sekenceng mungkin ke ruang 5! Hehe aku malu banget! Soalnya aku itu anak Labschool, tapi kok masih telat? Mestinya kan udah bisa memperhitungkan waktu yang diperlukan untuk nyampe Labschool. (-_-) payahh,,
Aku lari dari jalan pramuka, masuk ke gedung baru melwati para orang tua yang nggak memberi jalan kepada peserta tes yang telat ini. Aku terus lari sampe akhirnya nyampe di depan papan "Batas Antar Peserta". Aku nyelip masuk di sela-sela papan-papan itu. Waktu aku nyelip, ada seorang ibu dan anaknya yang masih kecil, berdiri menghalangi jalanku yang lagi terburu-burunya. Aku udah bilang, "Permisi.." tapi ibu dan anaknya itu bergeming! Akhirnya aku terobos dan walhasil 'dugghh!' kepala anaknya ketinju sama tangan dan papan jalanku yang sedang mengayun sekencengnya! Waaa! Aku takut banget kalo anak itu nangis! Nambah repot aja 'kan? Tapi, aku nggak peduli! Aku cuma nengok, bilang 'sori' dan langsung ngibrit ke tangga. Ruang 5 ada di lantai 2. Dengan napas yang masih ngos-ngosan, aku masuk ke ruang 5 yang kursinya hanya kosong satu! Ya! Yang kosong itu kursiku! Pas masuk ke ruang 5, aku langsung 'agak' disindir sama pengawasnya. Tapi, aku pede ajaa. Di deket kursiku ada Rina, Adis, Dhisty, Cuta dan Icha. Ternyata, aku duduk sama Icha! Waa, untunglah. haha
Oke, tes pertama: Psikotes. Yaa, cuma untuk ngetes IQ aja. Masih santai. Dalam psikotes ini, tes yang paling aku suka adalah saat kita disuruh bikin gambar apaan aja yang bentuk dasarnya 'lingkaran'! Asiiikk banget! Tanganku nggak berhenti untuk ngegambar semua yang ada dipikiranku yang nggak tau kenapa terasa lagi 'happy'.
Jam 10 'tengg', tes psikotes selesai dan kita pun istirahat. Pas istirahat, aku, Rina dan Cuta bukannya belajar buat tes akademik, tapi malah berkeliling mencari teman-teman lama! haha. Rina bertemu dan ngobrol dengan temen SDnya, sedangkan aku dan Cuta cuma berkeliling melihat foto-foto yang terpampang di kaca jendela. Lucu-lucu banget foto-fotonya! Ada yang foto narsis, foto pas masih kecil, ada yang kaya foto keluarga trus di crop. Waa, aneh aneh dehh! Tapi , itu semua bikin aku dan Cuta 'hahahihi' setiap hinggap dari ruangan yang satu ke ruangan yang lain.
Nggak lama kemudian, bel masuk bunyi. Semua peserta kembali berdebar-debar. Kira-kira sesusah apakah soal Tes Akademik Labschool tahun ini? Setelah semua siswa lengkap dan berada pada kursinya masing-masing, bel kedua pun berbunyi. Semua anak mulai mengerjakan. Hmm, menurutku nyaris semua yang diteskan susah. Maklum aja, peserta yang nomernya 1A10173 ini nggak belajar waktu hari Sabtunya. Hehe agak males karena tujuan dari tes Labschool adalah 'hanya coba-coba'. Waktu yang diberikan untuk tes akademik ini adalah 120 menit (2 jam) untuk 100 butir soal! Awalnya, aku pikir aku bisa menyelesaikannya tepat waktu, tapi siapa sangka? Saat pengawas mengatakan bahwa waktu tinggal TIGA PULUH MENIT lagi, aku pun shock! Masalahnya, aku baru saja membulatkan jawabanku yang ke-50! Masih ada 50 soal lagi yang harus kukerjakan dalam waktu 30 menit!
Saat itu aku mulai pesimis bisa lolos. Walhasil, aku berdoa sambil mengerjakan tes itu secepat mungkin. Alhamdulillah, aku bisa mengerjakan ±40 soal tersebut dalam waktu 20 menit. Walaupun masih ada yang kosong. Kemudian, aku langsung berbalik ke halaman yang belum kukerjakan. Untungnya tes Labschool nggak pake sistem minus. Karena waktunya mepet banget, akhirnya aku cuma membulatkan berdasarkan imajinasi dan feeling. Sampe akhirnya, bel bunyi dan si pengawas mengambil LJK ku. Fyuhhh..untung semuanya uda keisi walaupun asal.
Yaaa, begitulah perjuanganku.. Semoga lulus.. Amiin. Tunggu tanggal 4 April 2008

4 comments:

  1. Susah ya kak,bsk aku test labschool doain ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aku juga, doain juga yaa

      Delete
    2. hai Faisal dan Gracia!
      Gimana tesnya? Smoga sekarang sudah jadi siswa Labschool ya! :)

      Delete