Pages

Thursday, February 14, 2008

Tentang Kuku Jariku


Kamu-kamu pada pernah memperhatikan pertumbuhan kuku jari nggak? Haha kayanya kerajinan banget yah, ampe meratiin ntu kuku-kuku. Nahh, makanya gara-gara nggak pernah merhatiin, pasti jarang ada yang tau dehh kalo kuku jari tengah adalah kuku yang paling cepet tumbuhnya!
Mau tau kenapa? Pertama, kita harus tau, kalo kuku itu terbuat dari keratin protein. Kuku nggak cuma numbuh untuk ngelindungin ujung jari, tapi juga ngebantu kita dalam mengambil barang lho!

Okey, kembali ke pertanyaan awal, kenapa kuku jari tengah paling cepet numbuh? Jawabannya adalah karena pertumbuhan kuku itu tergantung panjang jari. Dari statement itu aja kita uda pasti tau kalo kuku jari tengahlah yang paling cepet numbuhnya. Kuku jari tangan tumbuh 4 kali lebih cepet daripada kuku jari kaki lho!Kuku jari tangan kanan juga lebih cepet tumbuh dibandingkan kuku jari tangan kiri, kecuali yang left-handed. Bukti, bagi yang right-handed, coba aja tempelin tangan kanan kamu ke tangan kiri kamu dehh! Jari mana yang lebih panjang? Pasti jari tengah tangan kanan kan? Nahhh, kuku pada jari itulah yang paling cepet numbuh.

Jadi, intinya, kuku jari tengah lebih cepet tumbuh karena protein keratin yang diproduksi lebih banyak. Kenapa diproduksi lebih banyak? Karena jari tengah lebih panjang. Jari yang lebih panjang dan lebih sering digunakan, menghasilkan keratin protein yang lebih produktif pula. Gituuu....

1 comment: